Hysterosalpingogram

Atas saran sang terapi akhirnya saya melakulan HSG. Ini pengalaman pertama buat saya. Walaupun dulu saya pernah melakukan hydrotubasi tapi tetap saja perasaan takut dan waswas menghantui saya.

Setelah melakukan kontak dengan Radiologi, biasanya mereka akan menanyakan hari pertama kita haid. Kemudian dari situ mereka memberikan tanggal yang bisa ikuti untuk HSG. Kenapa begitu?  Karena HSG dilakukan setelah haid selesai dan sebelum ovulasi, jadi biasanya HSG akan dilakukan pada hari 9-11 dari tanggal haid pertama .

Tanggal 1 Feb 2012 jadwal saya melakukan HSG. Setelah mengisi administrasi saya diminta mengganti pakaian dengan jubah yang sudah disediakan. Saya juga diberi obat anti sakit yang dimasukan lewat an*s.
Setelah berbaring di dengan posisi litotomi (kaya mau melahirkan gitu), mulai deh bu dokter memasang katerer dan rekannya ke miss V. Dan karena saya tegang saya sampe ga nyadar cengkram tangan suster (maaf ya sus hehe), Dr. bilang jangan tegang , anggap saja kita lagi ML (wuah, mana bisa bayangin gituan, lihat selangnya aja udah bikin stress).

Akhirnya… klik…klik… HSG dilakukan. Tindakan HSG sendiri tidak lebih dari 30 menit, tidak sakit hanya  mules (seperti mau pup) dan perut seperti kram. Setelah tindakan itu kita sudah boleh makan apa saja. Cuma satu pesan dokter : hari ini  jangan ‘campur’ dahulu ya!!

Nah ini urutan pemeriksaan  HSG berdasarkan pengalaman saya :

  • Kontak bagian radialogi : mereka akan memberikan tangal HSG
  • Tidak boleh campur dengan suami 2-3 hari sebelum hari HSG
  • Bawa pembalut
  • Jangan tegang
  • Jangan lupa bawa uang🙂

Hasil HSG bisa langsung kita dapatkan hari itu juga, sekitar + 2 jam kita tunggu.

Dan walaupun hasil HSG saya kurang memuaskan, harus tetap semangat karena kita tidak pernah tahu rencana Allah buat kita.

Oh ya, saya HSG di :

RSIA. Permata Cibubur

dr. Aziza G Icksan SpRad (K)

Biaya Rp. 500.000,-

Buat yang mau HSG …. semangat ya ^_^

6 thoughts on “Hysterosalpingogram

  1. saya jg awal bulan d suruh ikut hsg tp blum sempet tanya lbih bnyak karena saya kaget duluan mendengar apa yg DR bilang tentang penyakit saya(d luar hsg).hsg cespleng dpt momongan gk c? u/ hasil ny sendiri itu apa?

    • HSG adalah untuk mengetahui kondisi tuba kita tersumbat atau tidak. Setelah HSG saya pun sampai sekarang blon hamil.. Yakin aja yuk sama Allah.

Leave a Reply

