Yuk Senam Sehat !!

Hari Minggu… saatnya peregangan **
Kebetulan ada senam masal yang rutin diadakan didekat rumah. Dan sebagai bagian dari olahraga, senam katanya sih mampu menjadikan tubuh sehat dan bugar. Tapi, jangan asal gerak loh, salah-salah kita tidak mendapatkan manfaat dari senam itu.
Secara umum olahraga memberi manfaat besar untuk tubuh. Selain bisa meningkatkan kesehatan tubuh, ketahanan jantung , meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh, olahraga terutama senam juga bisa memperbaiki bentuk dan sikap tubuh. Juga olahraga ini bisa menimbulkan rasa gembira karena pada saat berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang bisa memberikan rasa senang, bahagia dan relaks. Makanya akan terasa setelah berolahraga tubuh akan menjadi enak karena endorphin dalam tubuh sudah kita rangsang untuk keluar secara maksimal. Dan dampaknya tubuh menjadi bugar, lebih semangat, stamina lebih baik dan juga awet muda.
Olahraga senam ini memilki 3 tahapan yaitu :
  • Pemanasan (warming up)

Pemanasan wajib dilakukan. Tujuannya adalah untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh kita sebelum memulai latihan inti dari olahraga yang kita lakukan. Dengan pemanasan, suhu tubuh akan naik, denyut jantung meningkat sehingga pasokan oksigen ke dalam menjadi lebih banyak karena aliran darah yang mengalir lebih cepat keseluruh tubuh. Apabila tidak diawali dengan pemanasan kemungkinan ada beberapa hal yang dialami seperti otot & sendi kaku, keseleo, kram bahkan cedera tulang belakang. Karena itu pemanasan harus dilakukan karena bermanfaat untuk meminimalkan risiko cedera saat berolahraga.
Gerakannya utamanya kearah peregangan otot dan sendi seluruh tubuh.
Waktu yang dibutuhkan untuk pemanasan sekitar 10-15 menit.

  • Latihan Inti

Gerakan yang terdapat pada latihan inti lebih kepada pembentukan dan mempunyai fungsi yang berbeda. Ada yang berfungsi untuk mengecilkan pinggang, perut, lengan, paha dan lain-lain. Gerakan ini disesuaikan dengan kebutuhan pembentukan apa yang diinginkan.
Waktunya sekitar 20-30 menit.

  • Pendinginan (cooling down)

Setelah selesai dengan latihan inti tahapan selanjutnya yaitu pendinginan. Pada tahap ini secara bertahap kita memperlambat intensitas latihan. Sehingga suhu tubuh akan turun secara perlahan. Denyut jantung dan pacu nafas juga dikembalikan ke keadaan normal.
Gerakannya hampir sama dengan pemanasan yaitu peregangan tetapi lebih kearah relaksasi.
Waktu yang dibutuhkan sekitar 10-15 menit.

Nah dengan mengikuti tahapan olahraga senam dengan baik, insya Allah kita bisa merasakan manfaatnya utnuk tubuh kita.
Yuk senam sehat… ^_^

3 thoughts on “Yuk Senam Sehat !!

    • Setahu saya warming-up terbagi menjadi 2, pasif & aktif. Untuk warm-up pasif yaitu pemanasan tubuh dengan sumber dari luar (sprt: mandi air hangat, pancuran air hangat, diatermi) sedangkan warm-up aktif yaitu pemanasan tubuh dengan cara melakukan gerakan tubuh (seperti yg sudah diuraikan). Mohon maaf bila kurang membantu. Salam olahraga.. Terima kasih untuk kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s